KELOMPOK
1
1.
Berdasarkan arti harfiah, animasi adalah ...
a.
Menghidupkan
b.
Kehidupan
c.
Mematikan
d.
Mati
e.
Hidup
2.
Yang
termasuk dalam prinsip Straight Ahead
yaitu, kecuali......
a.
Perubahan
volume
b.
Ukuran
c.
Panjang dan lebar
d.
Gerakan
spontan
e.
Proporsi
3.
Pendahulu
dari proyektor modern, terdiri dari lukisan menyala tembus dan lampu sederhana
adalah pengertian dari....
a.
Lentera ajaib
b.
Zoetrope
c.
Thaumatrope
d.
Phenakistroscope
e.
Buku
flip
4.
Seseorang
yang menemukan phenakistroscope adalah.....
a.
Athanasius
Kircher
b.
Charler
c.
Eadweard Muybridge
d.
Emile
Renaud
e.
Ting
Huan
5.
Sebuah
prinsip animasi dimana animator memberikan tanda pada penonton mengenai apa
yang akan dilakukan oleh si karakter....
a.
Staging
b.
Arch
c.
Anticipation
d.
Secondary
Action
e.
Squash
And Stretch
6.
Pada
tahun berapa prinsip dasar animasi diciptakan...
a.
1930
b.
1981
c.
1931
d.
1961
e.
1970
7.
Sebuah
prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah
benda adalah deskripsi dari prinsip...
a.
Pose
to pose
b.
Straight
Ahead
c.
Squasd and Stretch
d.
Antisipation
e.
Staging
Kemampuan
untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga karakter itu dapat
terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame animasi disebut ...
a.
Solid drawing
b.
Realistic
drawing
c.
Exaggeration
d.
Appeal
e.
Arch
9.
Ada
berapa prinsip dasar yang adopsi dari animasi produksi Walt Disney...
a.
9
b.
5
c.
12
d.
10
e.
11
10.
Contoh
animasi Exageration dibawah ini, kecuali...
a.
Bola
mata tom yang melompat keluar karena kaget
b.
Muka
donald yang membara ketika marah
c.
Air
mata nobita yang mengalir seperti air terjun
d.
Burung yang terbang dilangit
e.
Tubuh
donald melayang mengikuti sumber asap saat hidung donald mencium aroma masakan
11.
Prinsip
dasar jenis animasi tradisional adalah...
a.
Zoetrope
b.
Lentara
ajaib
c.
Thaumatrope
d.
Phenakistroscope
e.
Buku flip
12.
Prinsip
dasar “Arch” cocok digunakan untuk gerakan...
a.
Batu
dan air
b.
Mesin
dan angin
c.
Awan
dan pohon
d.
Hewan dan manusia
e.
Api
dan air
13.
Prinsip
yang digunakan memberikan Emphasize untuk memperkuat gerakan utama adalah...
a.
Timing
b.
Appeal
c.
Secondary
Action
d.
Arch
e.
Staging
14.
Prinsip
yang memungkinkan animasi bergerak “smooth” karena gerakan mengikuti polah
lengkung adalah...
a.
Arch
b.
Follow
trought
c.
Pose to pose
d.
Staging
e.
Appeal
a.
Definisi animasi stop motion
b.
Jenis
animasi stop motion
c.
Animasi
Clay Celay Animation
d.
Animasi
cutout
e.
Animasi
start motion
II.
1.
Teknik
animasi yang dilakukan dengan bentuk gambar yang menjadikan gambar tersebut
berbeda di setiap frame dinamakan teknik animasi ... (teknik
animasi frame by frame)
2.
Dua
pendekatan umum yang biasanya dipakai dalam menganimasikan disebut... (straigh a head dan pose to pose)
3.
Squash
And Stretch adalah... (prinsip yang digunakan untuk
membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda)
4.
Terlihat
bervolume dan konsisten adalah kemampuan dari... (solid
drawing)
5.
Bagaimana
cara membuat karakter menjadi lebih menarik selain menggunakan karakter
lucu..... (exaggeration)
III.
1.
Apa
yang di maksud dengan teknik tweened animation ?
Teknik tweened animation yaitu teknik animasi dimana dalam
proses animasi dilakukan dengan menentukan posisi frame awal dan frame akhir,
kemudian mengerjakan animasi frame-frame sisanya yang berada diantara posisi
awal dan akhir frame tersebut.
2.
Sebutkan
dan jelaskan 3 saja prinsip–prinsip animasi!
Squash And Stretch
Squash and Stretch ini adalah sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda.
Squash and Stretch ini adalah sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda.
Anticipation
Anticipation adalah sebuah prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda pada penonton mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
Anticipation adalah sebuah prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda pada penonton mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
Staging
Staging merupakan gerak keseluruhan dalam sebuah adegan yang harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana atau “mood” yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
Staging merupakan gerak keseluruhan dalam sebuah adegan yang harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana atau “mood” yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
3.
Apa
yang disebut dengan Staging ?
Staging merupakan gerak keseluruhan dalam sebuah adegan yang harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana atau “mood” yang
ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
Staging merupakan gerak keseluruhan dalam sebuah adegan yang harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana atau “mood” yang
ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
4.
Apa
perbedaan dari solid drawing dengan Appeal. Jelaskan!
Appeal
adalah tentang bagaimana kita membuat karakter kita menjadi menarik dan tidak
selaluharus yang lucu seperti yang banyak orang pikirkan.
Solid Drawing
adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga
karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame animasi
5.
Apa
perbedaan Timing dengan Spacing?
Timing adalah
tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing
adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam
jenis gerak.
jenis gerak.
KELOMPOK 2
I
1.
Storyboard
adalah....
A.
Dasar
cerita C. Media cerita E. Langkah cerita
B.
Alur
cerita D. Gambar cerita
2.
Prinsip
storyboard di bawah ini, kecuali.....
A.
Pesan
visual harus kreatif (asli, luwes dan lancar)
B.
Komunikatif
C.
Efisien
dan efektif
D.
Sekaligus
indah/ estetis
E.
Alur cerita yang dibuat sangat indah
3.
Langkah-langkah
pembuatan story board di bawah ini yang benar, kecuali....
A.
Gambar yang anda inginkan sesuai isi hati
B.
Membuat
sketsa kasar visual untuk semua frame.
C.
Visual
dengan jelas menampilkan adegan utama,
D.
Storyboard
dapat dirancang menggunakan dikertas dengan coretan dan tulisan manual atau
menggunakan perangkat lunak.
E.
Catat
poin-poin penting, ide, serta konsep yang akan di masukan didalam storyboard.
4.
Animasi
blink adalah...
A.
Perubahan
bentuk dari suatu objek menjadi objek lain
B.
Berkedip atau berkelip seperti bintang
C.
Animasi
yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain
D.
Animasi
pemudaran
E.
Animasi
objek atau teks yang berputar
5.
Animasi
fade dibagi menjadi 2 yaitu...
A.
Pemudaran
keatas, kebawah
B.
Fade in, fade out
C.
Pemudaran
kedepan
D.
Fade
front, fade behind
6.
Yang
bukan termasuk macam-macam animasi diflash adalah...
A.
Motion
path
B.
Animasi
marge
C.
Animasi anak
D.
Animasi
transparan
7.
Bagaimana
cara membuat agar gerakan animasi bisa smooth atau halus
A.
Memperbanyak farme per-frame
B.
Menambahkan
macam-macam animasi
C.
Membuat
storybard terlebih dahulu
D.
Menambahkan
frame kosong
E.
Mempercepat
waktu
8.
Apa itu
animasi shape?
A.
Berkedip
atau berkelip
B.
Menyembunyikan
objek
C.
Berputar
seperti roda atau jam
D.
Perubahan bentuk ke-bentuk lain
E.
Transparan
kemudian menghilang
9.
Fungsi
atau kegunaan storyboard adalah...
A.
Membuat
game
B.
Agar
efisien dan efektif
C.
Menggambarkan suatu urutan (alur cerita)
D.
Dapat
menyampaikan pesan
E.
Alat
membuat naskah
10.
Pengertian
storyboad adalah...
A.
Dasar cerita, dari sebuah gambar sketsa yang ditampilkan secara
visual
B.
Cerita
yang ada di papan
C.
papan
yang mempunyai cerita
D.
cerita
yang menceritakan tentang papan
11.
prinsip
storyboard yaitu pesan visual harus kreatif, komunikatif, efisien dan efektif,
serta...
A.
kaku
B.
indah atau estetis
C.
menarik
D.
elastis
E.
bewarna
12.
Fungsi
penyampaian strategi komunikasi adalah...
A.
Mudah
digambar
B.
Menjadi
menarik
C.
Mudah dibaca dan bisa dikomunikasikan dengan baik
D.
Mudah
untuk disebarkan
E.
Disampaikan
oleh banyak orang
13.
Fungsi
strategi penyampaian kreatf adalah...
A.
Mudah
dipahami
B.
Menjadi
menarik dan menciptakan hal baru
C.
Mudah dibaca dan dapat dikomunikasikan dengan baik
D.
Menjadi
menarik dan menggambar konsep lama
E.
Enak
dilihat
14.
Animasi
fade adalah...
A.
Perubahan
bentuk dari suatu objek menjadi objek lain
B.
Berkedip
atau berkelip seperti bintang
C.
Animasi
yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain
D.
Animasi pemudaran
E.
Animasi
objek atau teks yang berputar
15.
Animasi
masking adalah...
A.
Perubahan
bentuk dari suatu objek menjadi objek lain
B.
Berkedip
atau berkelip seperti bintang
C.
Animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek
lain
D.
Animasi
pemudaran
E.
Animasi
objek atau teks yang berputar
II
1. Membuat sketsa kasar visual untuk semua frame termasuk ... (langkah-langkah)
dalam membuat storyboard.
2. Serangkaian sketsa di buat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan
suatu urutan cerita yang di usulkan untuk aplikasi multimedia adalah pengertian
dari ... (storyboard)
3. Sebutkan 2 cara dan strategi dalam menyampaikan storyboard... (komunikatif dan kreatif)
4. Satuan terkecil dalam vidio adalah pengertian dari... (frame)
5. Animasi berkedip atau berkelip, seperti bintang dilangit atau lampu
disco adalah pengertian dari animasi... (animasi blink)
III
1.
Definisi
storyboard dalam perkembangannya!
storyboard
didefinisikan sebagai area berseri (berjajar) dari sebuah gambar sketsa yang
digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukkan secara visual
2.
Sebutkan 3
prinsip dalam penyusunan storyboard!
a) Pesan visual harus kreatif (asli, luwes dan lancar),
b) Komunikatif,
c) Efisien dan efektif,
b) Komunikatif,
c) Efisien dan efektif,
3.
Pengertian
frame pada program flash!
Frame adalah satuan terkecil dalam video
4.
Sebutkan dan
jelaskan 2 macam animasi di flash!
Animasi Transparan
Animasi transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan perlahanlahan lalu menghilang.
Animasi transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan perlahanlahan lalu menghilang.
Animasi Fade
Animasi fade adalah animasi pemudaran.
Animasi fade adalah animasi pemudaran.
5.
Jelaskan
pengertian animasi masking!
Animasi Masking
Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek
dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan
menyatu dengan objek yang ditutupi.
Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek
dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan
menyatu dengan objek yang ditutupi.
Komentar
Posting Komentar